Getaran Dan Gelombang

GETARAN DAN GELOMBANGGETARAN DAN GELOMBANG

Getaran adalah suatu gerak bolak-balik di sekitar kesetimbangan. Kesetimbangan di sini maksudnya adalah keadaan dimana suatu benda berada pada posisi diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran mempunyai amplitudo (jarak simpangan terjauh dengan titik tengah) yang sama.

  1. A. Jenis getaran
  2. 1. Getaran bebas terjadi bila sistem mekanis dimulai dengan gaya awal, lalu dibiarkan bergetar secara bebas. Contoh getaran seperti ini adalah memukul garpu tala dan membiarkannya bergetar, atau bandul yang ditarik dari keadaan setimbang lalu dilepaskan.
  3. 2. Getaran paksa terjadi bila gaya bolak-balik atau gerakan diterapkan pada sistem mekanis. Contohnya adalah getaran gedung pada saat gempa bumi.
  4. B. Analisis getaran

Dasar analisis getaran dapat dipahami dengan mempelajari model sederhana massapegasperedam kejut. Struktur rumit seperti badan mobil dapat dimodelkan sebagai “jumlahan” model massa-pegas-peredam kejut tersebut. Model ini adalah contoh osilator harmonik sederhana.

  • Getaran bebas tanpa peredam

Model massa-pegas sederhanal

Pada model yang paling sederhana redaman dianggap dapat diabaikan, dan tidak ada gaya luar yang mempengaruhi massa (getaran bebas).

Dalam keadaan ini gaya yang berlaku pada pegas Fs sebanding dengan panjang peregangan x, sesuai dengan hukum Hooke, atau bila dirumuskan secara matematis:

dengan k adalah tetapan pegas.

  • Getaran bebas dengan redaman

Bila peredaman diperhitungkan, berarti gaya peredam juga berlaku pada massa selain gaya yang disebabkan oleh peregangan pegas. Bila bergerak dalam fluida benda akan mendapatkan peredaman karena kekentalan fluida. Gaya akibat kekentalan ini sebanding dengan kecepatan benda. Konstanta akibat kekentalan (viskositas) c ini dinamakan koefisien peredam, dengan satuan N s/m (SI)

Gelombang adalah getaran yang merambat.

  1. C. JENIS-JENIS GELOMBANG
  2. 1. Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik merupakan gelombang yang membutuhkan medium untuk berpindah tempat. Gelombang laut, gelombang tali atau gelombang bunyi termasuk dalam gelombang mekanik. Kita dapat menyaksikan gulungan gelombang laut karena gelombang menggunakan laut sebagai perantara. Kita bisa mendengarkan musik karena gelombang bunyi merambat melalui udara hingga sampai ke telinga kita. Tanpa udara kita tidak akan mendengarkan bunyi. Dalam hal ini udara berperan sebagai medium perambatan bagi gelombang bunyi.

Gelombang mekanik terdiri dari dua jenis, yakni gelombang transversal (transverse wave) dan gelombang longitudinal (longitudinal wave). Gelombang Transversal

Suatu gelombang dapat dikelompokkan menjadi gelombang trasnversal jika partikel-partikel mediumnya bergetar ke atas dan ke bawah dalam arah tegak lurus terhadap gerak gelombang. Contoh gelombang transversal adalah gelombang tali.

Gelombang Longitudinal

Selain gelombang transversal, terdapat juga gelombang longitudinal. Jika pada gelombang transversal arah getaran medium tegak lurus arah rambatan, maka pada gelombang longitudinal, arah getaran medium sejajar dengan arah rambat gelombang. Jika dirimu bingung dengan penjelasan ini, bayangkanlah getaran sebuah pegas

Gelombang Mekanik Timbul :

F   Perlu usikan sebagai sumber

F   Perlu medium yang dapat diusik

F   Perlu adanya mekanisme penjalaran usikan

Karakter Fisik yang menjadi ciri gelombang :

F   Panjang Gelombang (l)

F   Frekwensi (f )

F   Cepatrambat Gelombang (v)

Panjang Gelombang : jarak minimum antara dua titik pada gelombang yang berperilaku identik.

Frekuensi Gelombang : Jumlah pengulangan usikan peratuan waktu.

Cepat Rambat Gelombang : Jarak penjalaran usikan yang di tempuh dalam satuan waktu.

Contoh gelombang mekanik adlah gelombang suara, gempa bumi, gelombang pada dawai.

  1. 2. Gelombang Elektromagnet

gelombang elektromagnet tidak membutuhkan medium.

Conroh gelombang elektromagnetik yaitu cahaya, sinar X, gelombang radio.

Untuk melaksanakan evaluasi klik link ini, classmarker.

NB: username : sabar176

password : rahasia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: